// -->

Tsunami Palu Bikin Ilmuwan Dunia Terheran-heran! Ternyata Fenomena Itu Adalah ???



Gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi tepatnya di Palu, Donggala, dan Mamuju masih banyak mengisahkan tangis pilu, bahkan dari berbagai kalangan dunia. Bahkan gempa yang terjadi saat itu membuat sejumlah ilmuwan dunia tercengang. Pasalnya gempa yang mengakibatkan tsunami dan meluluh lantahkan Palu itu seharusnya tak separah itu, jelas sejumlah ilmuwan dunia.

Karena dalam penelitian mereka, gempa yang terjadi sebelum tsunami itu seharusnya tak menimbulkan gelombang yang merusak."Kami kira itu tak menimbulkan tsunami sebesar itu", ujar seorang geofisikawan konsultan dari salah satu Universitas di Amerika Serikat, Jason Patton, seperti yang telah dilansir dari dream.co.id (02/10/2018).

Dia juga menambahkan bahwa gempa dan tsunami yang terjadi di Palu itu merupakan fenoma langka yang belum ditemukan pakar ilmuwan dunia. Gempa dengan kekuatan 7,4 SR yang berada di kedalaman 80 km di utara kota Palu, seharusnya tak menimbulkan kerusakan yang parah seperti itu. Namun malah selang 30 menit ada gelombang tsunami setinggi 5 meter yang meluluh lantahkan kota disana.


Gelombang tsunami setelah gempa memang kerap terjadi, hal itu karena sesar naik turun pada patahan bumi di bawah laut. Meskipun gempa yang terjadi di Palu ini lebih kecil dari gempa Aceh 2004 silam, namun fenomena kali ini ternyata lebih berbahaya. Dimana fenomena ini adalah gempa bumi megathurst, yang diyakini bergerak dengan kecepatan 800 km/jam.

Nah bagaimana kalau menurut Sobat semua disini akan fenomena gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan sekitarnya beberapa waktu lalu itu? Apapun yang terjadi di muka bumi, baik berkah atau musibah semua adalah ujian dari Tuhan dan peringatan kepada manusia sebagai khalifah di bumi ini. Kita doakan saja, agar saudara kita yang tertimpa musibah bisa mengambil hikmah dari kejadian ini..!

Baca Sumber
0 Comments for "Tsunami Palu Bikin Ilmuwan Dunia Terheran-heran! Ternyata Fenomena Itu Adalah ???"

Back To Top