// -->

Gempa 6,3 SR Rusak 4 Rumah dan 1 Masjid di Sumenep Jatim


Gempa berkekuatan 6,3 SR mengguncang Jawa Timur dan Bali sekitar pukul 01.57 WIB. Di Jawa Timur, gempa terasa di sejumlah daerah seperti Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kab. Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kab. Malang, Kab. Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kab. Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Sementara di Bali, gempa terasa di Denpasar, Karangkates, dan Gianyar. Gempa juga dirasakan sampai ke beberapa daerah di NTB, seperti Lombok Barat dan Mataram.

Berdasarkan data sementara dari BNPB, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep Jawa Timur menjadi wilayah terparah terkena dampak gempa. 4 rumah dan satu mesjid yang mengalami kerusakan. Gempa juga menyebabkan 3 orang warga Sumenep meninggal dunia.

"Selain itu beberapa rumah mengalami kerusakan," Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulisnya, Kamis (11/10).

BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan. Kerusakan rumah terdapat di:

- Rumah rusak di desa Jambuir, Kec. Gayam Kepulauan Sapudi- Sumenep
- Rumah rusak di Kopedi Kec.Bluto - Sumenep.
- Rumah rusak di Kertasada Kec.Kalianget - Sumenep.
- Masjid Desa Gendang Timur Kec.Sepudi - Sumenep.
- Rumah rusak di Nyabakan timur Kec.Batang-Batang - Sumenep.


Dampak gempa di Jatim ©2018 Merdeka.com
Sementara itu, kata Sutopo, 3 korban tewas karena tertimpa bangunan yang roboh. Ketiga korban tewas saat sedang tidur sehingga tidak bisa menyelamatkan diri.

"Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri," ujarnya.

Tiga orang meninggal dunia adalah:
1) Nuril Kamiliya (L/7) Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep.
2) H. Nadhar (P/55) Dsn. Jambusok, Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep.
3) Laki-laki dewasa (masih identifikasi) Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep.

Baca Sumber
0 Comments for "Gempa 6,3 SR Rusak 4 Rumah dan 1 Masjid di Sumenep Jatim"

Back To Top